• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

KPU RI Resmikan RPP Nasional Jatim Park 1

Tanggal : 24 Jan 2020 16:36:26 • Penulis : admin • Dibaca : 4323 x

Batu, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional di Jatim Park 1, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (24/1/2020). 
 
Dengan berdirinya RPP Nasional ketiga (kedua yang berada di ruang publik) ini diharapkan dapat menambah ruang bagi masyarakat memperoleh informasi kepemiluan yang muaranya dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran publik akan pentingnya mengikuti proses pemilu dan demokrasi. 
 
Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya menyebut tujuan berdirinya RPP Nasional juga untuk memudahkan masyarakat menjangkau informasi kepemiluan. Dan tujuan ini setidaknya sejalan dengan antusias masyarakat yang datang ke RPP Nasional Jatim Park 1 dimana sejak lima hari pasca dibuka (akhir 2019) jumlah pengunjung telah mencapai 13 ribu orang.
 
Untuk diketahui pendirian RPP Nasional kedua dan ketiga sengaja memilih ruang publik, yang kerap didatangi warga. Apabila RPP Nasional pertama berada di Kantor KPU RI Jakarta, maka RPP Nasional kedua memilih Taman Pintar yang berada di DI Yogyakarta dan RPP Nasional ketiga memilih lokasi wisata Jatim Park 1. 
 
Adapun untuk RPP yang menempel ditiap kantor KPU menurut Arief telah berdiri seluruhnya baik di provinsi maupun kabupaten/kota. "Kita bangun RPP salah satu semangat, tujuannya agar penyelenggara pemilu punya kemampuan, bekerja tidak hanya berdasarkan pengalaman," lanjut Arief. 
 
Kedepan RPP yang berada ditiap kantor KPU menurut Arief juga akan mengikuti konsep yang ada di RPP Nasional dimana produk yang ditampilkan menonjolkan data digital sehingga lebih memudahkan masyarakat mengaksesnya. "Kami juga tengah menyiapkan bersama pemprov Sulawesi Utara Sulut dan Kabupaten Minahasa membangun museum pemilu. Nanti ditampilkan benda-benda bersejarah mulai Pemilu 1955, Orde Baru," ungkap Arief. 
 
Arief pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Jatim Park Grup yang bersedia bekerja sama dengan KPU mendirikan RPP Nasional ini. Juga kepada Pemerintah Kota Batu yang mendukung program bertaraf nasional tersebut.
 
"KPU tentu tidak bisa sendirian, maka perlu dukungan banyak pihak. Pemda, BUMN dan swasta semangat bisa menerima kami," tutur Arief.
 
Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso berterima kasih dengan dipilihnya Kota Batu sebagai lokasi didirikannya RPP Nasional. Menurut dia adanya RPP Nasional ini selain menambah ruang bagi masyarakat mengenal pemilu dan demokrasi juga diharapkan menambah kunjungan wisatawan ke Kota Batu. 
 
Senada Ketua KPU Kota Batu Mardiono mengaku senang dengan dipilihnya Kota Batu sebagai lokasi didirikannya RPP Nasional. Dia sempat menceritakan bagaimana dukungan yang diberikan banyak pihak dalam upaya mendirikan RPP Nasional ini. 
 
Sementara itu pemilik Jatim Park Grup Rio Imam Sendjojo juga mengaku senang dengan hadirnya RPP di Kota Batu. Hadirnya RPP menurut dia menambah keragaman informasi bagi pengunjung serta sejalan dengan semangat berdirinya Jatim Park sebagai wahana wisata berbasis pendidikan bagi masyarakat khususnya generasi muda. (hupmas kpu ri dianR/foto: dosen/ed diR)
 
 
 
 

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://jambi.kpu.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...