Rakor Renja Hari Kedua, Bahas Tantangan Strategis Hingga Tata Cara Revisi Anggaran

Tanggal : 15 Feb 2018 16:48:50 • Penulis : admin • Dibaca : 2224 x


Jakarta, kpu.go.id - Hari kedua pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2019 menghadirkan pembicara Kasubdit Kelembagaan Demokrasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indra Jaya Sukri serta Direktorat Sistem Penganggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hartanto dan Zainuri. 

Dalam kesempatan itu, juga disampaikan juga pemaparan Program dan Kegiatan 2018 dan rencana kerja 2019 oleh Kepala Biro Perencanaan dan Data KPU Sumariyandono.  

Dalam pemaparannya, Indra mengingatkan tantangan strategis yang dihadapi KPU,  salah satunya dalam hal perencanaan penganggaran yang efektif. Menurut dia berdasarkan data dan studi yang pernah dilakukan, penerapan program baik konten, materi, lokasi dan sasaran dapat mengintervensi kegiatan yang sudah direncanakan KPU. "Misalnya penganggaran lebih terfoksus pada peningkatan pelayanan kelompok pemilih penyandang disabilitas," ujar Indra di Ballroom Hotel Double Tree Cikini Jakarta Kamis (15/2/2019).

Indra juga mengingatkan KPU tentang perbaikan konsep pendidikan pemilih. Menurut dia praktek demokrasi substansial tidak cukup melakukan sosialisasi, tapi proses partisipasi politik semestinya dimulai sebelum, saat dan setelah pemilubatau pilkada. "Selama ini proses pemilu dianggap sebagai sesuatu yang terpisah dan proses perumusan RPJMN/RPJMD dan perencanaan pembangunan lainnya. Padahal itu proses satu kesatuan siklus tentang mengalokasikan dan mendistribusikan sumberdaya," lanjut Indra. 

Sementara itu Hartanto menyosialisasikan perbaikan tata cara revisi anggaran TA 2018. Menurut dia ketentuan mengenai revisi anggaran ditetapkan tiap tahun dan sesuai dengan amanat UU APBN dan Perpres rincian APBN. Untuk TA 2018 sendiri, perbaikan ketentuan revisi anggaran antara lain menyangkut pembagian kewenangan pemrosesan usul revisi di DJA dan DJPB.  

Selain itu ketentuan revisi anggaran terkait belanja operasional tunggakan, penyeragaman penelaahan revisi anggaran dan dukungan sistem aplikasi dalam proses penyelesaian revisi anggaran. 

Sementara itu dalam paparannya Sumariyandono mengingatkan bahwa pilkada serentak 2018 sangat strategis karena hanya berjarak 10 bulan dari pelaksanaan Pemilu 2019. Untuk itu upaya penyempurnaan penyusunan rencana kerja 2019 dapat dilakukan mulai dari proses penyusunan, simplifikasi program, redefinisi terhadap output kegiatan, penyusunan anggaran berperspektif jangka menengah serta memerhatikan kebutuhan operasional terpenuhi. 

Untuk proses penyusunan, Sumariyandono mengatakan dapat mengacu pada usulan atas kebutuhan utama dan unit kerja atau satuan kerja. Waktu penyusunan juga harus dilakukan lebih cepat atau awal sebelum pagu ditetapkan. "Melibatkan seluruh unit kerja dalam proses evaluasi," kata dia. 

Usai pemaparan tiga narasumber, peserta dibagi menjadi dua kelompok,  kelas A diskusi anggota KPU divisi perencanaan dan sekretaris KPU Provinsi/KIP Aceh, sedangkan kelas B desk perwilayahan untuk kabag, kasubag program data dan SDM KPU Provinsi/KIP Aceh. Adapun hari ketiga rakor ditutup dengan perumusan pelaksanaan program dan kegiatan 2018 dan rencana kerja 2019. (dianr/red. FOTO dianr/red) 

Post Terkait

  • FGD Pemilihan 2018 untuk Bekal Pemilu 2019
    Tanggal : 2018-10-23 15:58:43

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Focus Group Discussion (FGD) guna mengevaluasi hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota Tahun 2015-2018 di Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (23/10/2018) ...Selengkapnya...


  • Ini Lima Hal Perlu Diperhatikan Divisi Teknis KPU Daerah
    Tanggal : 2018-10-23 13:26:00

    “Sebisa mungkin itu (daerah bermasalah) menjadi perhatian khusus tapi jangan lengah juga untuk daerah-daerah yang sebelumnya tidak ada masalah bisa saja jadi masalah,”pungkasnya. ...Selengkapnya...


  • Tips Sukses Rekapitulasi, Kordinasi Antar Penyelenggara
    Tanggal : 2018-10-23 13:17:00

    “Melalui bimtek ini, bukan hanya kita memastikan pemahaman utuh dan baik tapi bagaimana kita sampaikan kepada mitra kita yaitu rekan kita Bawaslu melalui Panwas sampai di tingkat bawah,” ujar Viryan ...Selengkapnya...


  • Hindari Kesalahan Prosedur Tungsura
    Tanggal : 2018-10-23 12:26:00

    Kemarin walaupun tidak ada permasalahan dalam penghitungannya tapi kemudian dinegasikan oleh MK karena tidak sesuai prosedur ditulisnya C1 plano di kardus misalnya, walaupun itu disepakati, tapi MK menganggap prosedural itu penting. ...Selengkapnya...


  • Bimtek Kupas Persoalan Seputar Tungsura
    Tanggal : 2018-10-22 23:35:00

    Dalam konteks lainnya, Ketua DKPP Harjono mengingatkan potensi pelanggaran etik penyelenggara pemilu selama proses tungsura. Di sejumlah proses pemilihan terdapat laporan dugaan pelanggaran akibat penyelenggara pemilu yang tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Jejak Pendapat

Secara keseluruhan, apakah Anda puas dengan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia saat ini?

Sangat Puas
Puas
Tidak Puas

Kode Verifikasi
 jumlah 5+15 =

Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...