Soerya-Ansar Daftar ke KPU Kepri

Tanggal : 27 Jul 2015 22:08:22 • Penulis : admin • Dibaca : 1851 x


Tanjungpinang, kpu.go.id- Pasangan H.M. Soerya Respationo-Ansar Ahmad mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau (Kepri) pada hari kedua pendaftaran calon, Senin (27/7). Pasangan yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan  Partai Amanat Nasional (PAN) ini datang ke kantor KPU pukul 14.30 WIB dengan diarak oleh berbagai kelompok masyarakat.

Pasangan ini mengantongi dukungan 20 kursi terdiri dari 9 kursi PDIP, 5 kursi Hanura, 4 kursi PKS dan 2 kursi PAN. Jumlah ini telah melampaui jumlah dukungan minimal 20 persen kursi DPRD Provinsi Kepri sebanyak 9 kursi. Soerya Respationo merupakan wakil gubernur Kepri periode 2010-2015, sementara Ansar Ahmad merupakan Bupati Bintan. Soerya yang juga Ketua DPD PDIP Kepulauan Riau itu ketika mendaftar masih berusia 56 tahun dan Ansar Ahmad berusia 51 tahun.

Pasangan yang mengusung tagline Soerya-Ansar (SAH) untuk Kepri Hebat 2016-2021 ini datang Kantor KPU Kepri mengenakan kemeja merah putih dengan paduan kopiah hitam. Di depan kantor KPU Kepri, pasangan ini disambut dengan barongsai dan tim rebana. Pasangan calon bersama pimpinan partai politik tingkat provinsi kemudian menyerahkan syarat pencalonan dan syarat calon kepada tim pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur KPU Kepri. 

Pemeriksaan berkas pencalonan dilakukan oleh KPU Kepri dengan disaksikan oleh tim pasangan calon dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepri, dimulai sejak pukul 14.30 WIB dan baru tuntas pada pukul 16.30 WIB. Dari enam jenis dokumen syarat pencalonan pasangan H.M Soerya Respationo dan Ansar Ahmad telah memenuhinya dan KPU menyatakannya memenuhi syarat. 

Enam berkas pencalonan tersebut yakni surat pencalonan, persetujuan dewan pimpinan pusat partai pengusung, surat pernyataan kesepakatan parpol atau gabungan parpol, surat pernyataan kesepakatan antar partai politik/gabungan partai politik dengan pasangan calon, surat pernyataan kesesuaian naskah visi, misi dan program pasangan calon dengan RPJP daerah dan surat keputusan partai politik tentang kepengurusan sesuai tingkatannya Untuk syarat calon yang terdiri dari 13 jenis dokumen juga telah diserahkan kepada KPU Kepri.   

Anggota KPU Kepri Divisi Teknis dan Data Informasi Marsudi menegaskan untuk syarat pencalonan mutlak terpenuhi saat pendaftaran pasangan calon, sementara syarat calon dapat dilengkapi pada masa perbaikan. “Hasil pemeriksaan berkas pasangan calon akan kita sampaikan kepada pasangan calon pada 3 Agustus dan pasangan calon diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan dari tanggal 4 sampai 7 Agustus,” terang Marsudi. 

Saat pendaftaran calon, awalnya pasangan calon Soerya Respationo dan Ansar Ahmad akan diusung oleh enam partai politik, termasuk Partai Golongan Karya. Namun pasangan tersebut hanya mendapatkan keputusan pimpinan parpol tingkat pusat tentang persetujuan pasangan calon atau formulir B.1 KWK dari DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie-Idrus Marham. “Kita tidak dapat menerima Partai Golkar sebagai pengusung karena lembar persetujuan yang disampaikan pasangan calon hanya dari DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie dan Idrus Marham,” tegas Ketua KPU Kepri Said Sirajudin. 

Sesuai dengan peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 jo peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015 tengang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, parpol yang tengah bersengketa dapat mengajukan pasangan calon sepanjang calon yang diajukan orangnya sama pada koalisi partai politik yang sama dan mendapat persetujuan dari kedua DPP yang tengah bersengketa.  

Anggota Bawaslu Provinsi Lendrawati mengatakan proses pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Kepri telah berjalan sesuai aturan. “Masih sesuai standar, hanya saja pemeriksaan berkas berjalan agak lambat. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan kondisi tempat pendaftaran yang sempit, sementara tim pasangan calon yang hadir banyak sehingga mengurangi konsentrasi petugas pendaftaran,” ujarnya.

Soerya Respationo usai mendaftar kepada sejumlah awak media mengatakan pihak konsentrasi dengan pemenuhan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. “Tadi KPU sudah mengecek berkas syarat pencalonan yang kita sampaikan, semuanya telah memenuhi syarat. Syarat calon juga sudah kita serahkan. Kalau dari hasil verifikasi KPU nantinya ada yang harus kita perbaiki, tentunya akan kita perbaiki,” ujarnya. 

Saat ini, kata Soerya, dirinya fokus untuk pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan pada tanggal 29 Juli di Rumah Sakit Otorita Batam. “Kita sudah terima pedoman teknis dari KPU untuk pemeriksaan kesehatan. Kami akan mempersiapkan diri untuk menghadapi tahapan itu dan tahapan-tahapan berikutnya,” ujar Soerya. (ged/red.FOTO KPU/rud/Hupmas)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Jejak Pendapat

Secara keseluruhan, apakah Anda puas dengan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia saat ini?

Sangat Puas
Puas
Tidak Puas

Kode Verifikasi
 jumlah 5+6 =

Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...