Pengumuman Perpanjangan Seleksi Eselon II.b klik di sini Surat 708 Pembentukan PPS Pilkada 2018 klik di sini Syarat Calon Anggota KPU klik di sini Und Bimtek Dapil klik di sini

Penentuan PPK dan PPS Ketat

Tanggal : 07 Nov 2017 13:18:43 • Penulis : admin • Dibaca : 726 x


Kotamobagu, kpu.go.id - Setelah melalui tahapan yang cukup panjang, akhirnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara Tahun 2018, diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu.

Dengan diumumkannya nama-nama PPK dan PPS sejak Senin 6 November 2017 hingga Selasa (07/11/17), sudah pasti ada yang gembira dan sedih. Mereka yang lolos mengaku berterimakasih karena sudah dipercaya menjadi panitia adhoc, sementara yang tidak lolos mengucapkan terimakasih seraya berdoa semoga yang lolos bisa menjalankan amanah dengan baik.

“Terimakasih atas kepercayaan KPU Kota Kotamobagu yang sudah mempercayai saya menjadi PPK di Kecamatan Kotamobagu Barat. Mudah-mudahan kepercayaan ini bisa saya jalankan dengan baik dan benar, sebagaimana harapan KPU Kota Kotamobagu saat fit and propertest,” kata Hairun Laode di status facebooknya.

Pernyataan senang lainnya juga disampaikan Junaidi Amra yang dinyatakan lolos menjadi anggota PPK di Kecamatan Kotamobagu Utara. Menurut Amra yang berlatar jurnalis ini, amanah dari KPU Kota Kotamobagu akan dipegang dan dijalankan dengan sebaik-baiknya. 

“Harapan KPU Kota Kotamobagu agar pelaksanaan Pilkada Serentak di daerah ini bisa berjalan dengan baik dan berintegritas, akan kami laksanakan sekuat tenaga dan semampu kami,” harapnya

Sayangnya semangat dan kebahagian tersebut tidak dirasakan Lidyawati Djufri. Ibu muda yang tercatat sebagai petahana PPK saat Pilkada Serentak Tahun 2015 lalu ini menduduki urutan keenam. “Apapun hasilnya, itu sudah kehendak Yang Kuasa. Kita hanya bisa berusaha tapi Tuhan yang menentukan segala-galanya. Mudah-mudahan teman-teman yang sudah dipercaya bisa bekerja sebaik-baiknya,” tutur Lidyawati.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Kotamobagu, Iwan Manoppo, mengatakan bahwa seleksi PPK dan PPS kali ini memang cukup sengit dan ketat, meski yang mendaftar tidak sebanyak saat Pilkada Serentak Tahun 2015. “Sengit ketat karena semuanya bagus-bagus dan memiliki pengetahuan tentang kepemiluan yang cukup beragam,” ujarnya.

Nah, karena kualitas para calon yang sangat baik itu, masih kata Iwan, anggota KPU Kota Kotamobagu cukup kesulitan saat menentukan dan merengking lima besar untuk PPK dan tiga besar untuk PPS. “Saking ketatnya kami harus beberapa kali skors pleno dan memverifikasi nama-nama yang dianggap bagus tadi, termasuk melihat kembali hasil tes tertulis dan kemampuan lainnya.” 

Anggota KPU Kota Kotamobagu lainnya, Asep Sabar, membenarkan apa yang disampaikan Iwan terkait ketatnya persaingan para calon PPK maupun PPS. Menurut Asep, saat interview semua anggota KPU Kota Kotamobagu berusaha menggali kemampuan dan ilmu yang dimiliki para calon, termasuk rekam jejaknya. 

Asep menjelaskan, sejak pembukaan rekrutmen PPK dan PPS pertengahan 12 Oktober silam, animo warga yang mendaftarkan diri sangat besar. “Tercatat lebih dari 200-an orang mendaftar PPK dan 175 orang PPK. Hanya saja yang memasukkan formulir tidak sebegitu banyak. PPK dan PPS di Kota Kotamobagu memang hanya sedikit, 20 orang untuk PPK dan 99 orang untuk PPS. Karena memang daerah ini kecil, hanya empat kecamatan serta 33 desa/kelurahan,” beber Asep. 

Bagi mereka yang sudah diumumkan namanya akan menjalani proses pelantikan pada tanggal 9 dan 10 November 2017 lusa. “Tanggal 9 untuk PPK dan 10 untuk PPS. Setelah  dilantik mereka akan langsung mengikuti pembekalan yang menghadirkan KPU Provinsi Sulawesi Utara dan DKPP,” pungkas Asep. (**)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...