Seleksi Terbuka Eselon IIb KPU RI klik di sini SE 591 Pembentukan RPP Klik di Sini Und 556 Rakornas Pilkada Klik di Sini SE 1166 Lap Website klik di sini 

Pilkada 2018, Pertahankan Kepercayaan Publik

Tanggal : 13 Oct 2017 02:02:59 • Penulis : admin • Dibaca : 402 x


Kendari, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Kamis, (12/10) membuka penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak tahun 2018, di Kota Kendari Sulawesi Tenggara,. 

Dalam laporan pelaksanaan kegiatannya Kepala Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Nur Syarifah mengatakan bimtek terpadu ini akan dilaksanakan empat gelombang, dan Kendari menjadi yang pertama kali, disusul Banjarmasin kemudian Semarang dan terakhir di Aceh.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan membangun pemahaman yang sama terhadap penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada), karena di tahun 2017 ini untuk Pilkada 2018 telah dilakukan revisi pada beberapa Peraturan KPU yang mengatur mengenai penyelenggaraan pemilihan. “Untuk itu  bimtek ini adalah sebagai satu kesempatan atau satu forum untuk membangun kesepahaman sehingga seluruh tahapan yang akan kita laksanakan betul-betul sesuai aturan,” terang Inung, panggilan sehari-hari Nur Syarifah.

Di hari pertama dimulai dengan pembukaan dan diskusi-diskusi yang terkait penyelenggaraan pemilihan yang profesional dan akuntabel. Narasumber yang dihadirkan adalah Anggota Komisi II DPR RI, Anggota DKPP Ida Budhiarti dan dari PUUA Penca. 
 
Anggota KPU RI Divisi Teknis Penyelenggara, Ilham Saputra dalam sambutan pembukaannya, mengatakan bimtek kali ini KPU juga akan membahas tentang pencalonan, sengketa hasil pilkada, soal mutarlih, badan ad hoc, dan beberapa hal yang dianggap penting dalam penyelenggaraan pilkada kedepan. 

“Saya paham betul teman-teman yang menyelenggarakan pilkada juga harus bekerja untuk tahapan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden,” ujar Ilham. 

Oleh karenanya, pesan Ilham, kami (KPU RI-red) meminta jangan ada lagi KPU-KPU yang konflik internal, kita berharap kita dapat fokus bekerja pada penyelenggaraan pemilu bukan kemudian nanti KPU Provinsi dan KPU RI disibukkan dengan persoalan-persoalan konflik internal, kita harus tunjukkan soliditas, keprofesionalan kita dengan cara koordinasi dahulu di internal, agar tidak ada hal-hal konflik yang menyebabkan penyelenggaraan pilkada menjadi persoalan, menjadi kendala bagi masyarakat padahal kita sudah ada slogan KPU Melayani. 

“Kita harus fokus melayani masyarakat, melayani peserta pemilu, melayani pasangan calon, oleh karenanya kami meminta kepada pemerintah daerah, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota untuk kemudian turut serta berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan pilkada kedepan,” ajak Ilham. 

Ia pun mengatakan, di Pilkada 2018 ini yang merupakan pilkada gelombang ketiga setelah 2015 dan 2017, kita harus bisa lebih baik daripada dua pilkada tersebut. KPU RI berharap kepada teman-teman yang hadir di Kendari, untuk bisa memaksimalkan penyelenggaraan pilkada agar lebih baik dengan cara, salah satunya memilih orang-orang berintegritas di kalangan badan ad hoc. Kendala kita saat Pilkada 2015 dan 2017 adanya pemungutan suara ulang (PSU), PSU yang direkomendasi panwas karena kesalahan dari penyelenggaraan di level paling bawah, KPPS misalnya.

“Untuk itu saya menghimbau kepada teman-teman jika pada Pilkada 2017 terdapat lima PSU, untuk Pilkada tahun 2018 tidak ada PSU. Karena ini menyangkut soal integritas kita, dan keprofesionalan kita,” tegas Ilham. 

Ilham membeberkan, menurut hasil survey Litbang Kompas, KPU memperoleh sekitar 64,9 sekian persen dukungan masyarakat bahwa KPU adalah lembaga berintegritas, KPU harus jaga dukungan ini, kedepan KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu bisa semakin dipercaya oleh masyarakat.

Pada kesempatan pembukaan bimtek, hadir pula Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Tenggara Salah Lasata, yang juga memberikan dukungan terkait penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018. (dosen/irul.teks/FOTO KPU/dosen/Hupmas

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...