Surat Sekjen 1090 klik di sini Undangan 445 Raker klik di sini SE 515 Paslon Perseorangan Pemilihan 2018 klik di sini  Surat 504 Perkembangn NPHD klik di sini 

Padepokan Pintar Pemilu Hadir di Kota Depok

Tanggal : 11 Aug 2017 20:11:56 • Penulis : admin • Dibaca : 288 x


Depok.kpu.go.id - Untuk memenuhi keinginan masyarakat Kota Depok yang akan belajar pengetahuan tentang pemilu dan demokrasi, maka dibangunlah sebuah sarana yaitu Padepokan Rumah Pintar Pemilu. Bertempat di gedung KPU Kota Depok, Anggota KPU RI, Wahyu Setiawan meresmikan "Padepokan Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Depok" pada hari Jumat, tanggal 11 Agustus 2017. 

Dalam sambutannya, Wahyu mengatakan bahwa rumah pintar pemilu yang dibangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap penyelenggaraan pemilu di Kota Depok. "Untuk meningkatkan partisipasi tersebut KPU membuat program sosialisasi dan pendidikan pemilih, terutama dibangunnya rumah pintar pemilu, tugas KPU hanya dua, pertama adalah melayani pemilih menggunakan hak politiknya, kedua melayani peserta pemilu secara adil dan setara", demikian kata mantan Anggota KPU Jawa Tengah ini. 

Padepokan Pintar Pemilu harus terbuka kepada siapapun termasuk tidak salah apabila KPU Kota Depok melakukan kursus kepemiluan kepada siapa saja termasuk kader kader partai politik sepanjang setiap parpol diberikan kesempatan yang adil dan setara, jadi sepanjang padepokan pintar pemilu milik kita bersama.

Wahyu juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat KPU RI akan meluncurkan program sosialisasi dan pendidikan pemilih. Kita juga tidak sekedar memberikan sosialisasi tetapi juga mencerdaskan, oleh karena itu sosialisasi harus diintegrasikan dengan pendidikan pemilih. Karena berbeda sosialisasi itu menginformasikan yang terkait dengan teknis tahapan pemilu, kalau pendidikan pemilih itu menyangkut membangun kesadaran politik warga. Kedepannya akan mengintegrasikan sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga.

Pada kesempatan yang sama, ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan menggandeng jajaran di kota Depok diantaranya Kesbangpol, Dinas Agama, dan Dinas Pendidikan Kota Depok untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat kota Depok untuk datang bekerjasama  karena erat kaitannya dengan pendidikan pemilih, mencari sumber informasi tentang demokrasi dan kepemiluan dan dalam jangka panjang menjadi rumah belajar bagi pelajar dan masyarakat lainnya

" KPU bisa melakukan program jemput bola dengan diundang ke sekolah - sekolah dinas untuk melakukan pendidikan pemilih di sekolah, dan mudah mudahan dalam jangka panjangnya bisa masuk dalam kurikulum sekolah, atau menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah" tandasnya.

Walikota Depok, KH Muhammad Idris, MA, dalam kesempatan yang sama juga mengatakan bahwa padepokan pintar pemilu ini merupakan inovasi kedua setelah yang pertama diluncurkannya kampung pilkada pada tahun 2015 lalu. Tujuannya adalah untuk memberikan kesadaran, mencerdaskan masyarakat terhadap kehidupan politik dan demokrasi terutama warga Kota Depok sehingga partisipasi politik menjadi lebih meningkat ditahun yang akan datang (IBN)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...