SE 8 Upacara Kemerdekaan RI klik di sini SE 455 Ralat Surat 436 klik di sini Penerima Beasiswa S2 TKP klik di sini Rekap DAK2 Pilkada 2018 klik di sini  

Peluncuran 3 Inovasi Oleh KPU Provinsi Banten

Tanggal : 11 Aug 2017 19:40:46 • Penulis : admin • Dibaca : 357 x


Banten, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Jumat (11/08) meluncurkan tiga inovasi yakni, tools dan menu disabilitas di laman (website) KPU Provinsi Banten, Sistem Informasi Monitoring dan Absensi Pegawai (SIMAP) KPU, serta peluncuran Unit Layanan Pengadaan (ULP) KPU Provinsi Banten. 

Peluncuran ini, dihadiri Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, Komisioner dan jajaran sekretariat KPU Kabupaten/Kota, BPSDMD Provinsi Banten Endan Suwandana, Kepala Sekolah SKh Negeri 02 Kota Serang, Kepala Sekolah SKh Madina, anak-anak difabel serta para jurnalis Media Center KPU Provinsi Banten.

Dalam sambutannya Komisioner KPU Provinsi Banten, Agus Supadmo menyampaikan bahwa KPU sebagai lembaga pelaksana undang-undang dan pelayanan publik dalam bidang demokrasi dan kepemiluan dituntut masyarakat untuk semakin transparan, akuntabel dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap seluruh pekerjaan, pemikiran dan langkah-langkah yang dilakukan KPU. Salah satu cara untuk menjawab harapan masyarakat adalah dengan mengeluarkan ide-ide, inovasi yang tidak hanya mempermudah pekerjaan kita, tetapi juga akan dapat meningkatkan kepercayaan kepada KPU.

“Ketiga inovasi dari para Kasubbag di KPU Banten mudah-mudahan menjadi pendorong semangat di KPU Kabupaten/Kota untuk menghasilkan karya yang sama di segala bidang. Sehingga kepercayaan masyarakat kepada KPU semakin terjaga dan semakin baik,” ujar Agus Supadmo.

Widya Iswara BPSDMD Provinsi Banten Endan Suwandana, selaku coach dari ketiga peserta Diklatpim menyampaikan apresiasi atas inovasi ini.

“Inovasi yang mereka buat sangat luar biasa untuk efektivitas dan efisiensi pemerintahan, saya menyambut baik inovasi ini,” ungkap Endan Suwandana.

Lebih lanjut Endan menyampaikan bahwa untuk Pak Edy, ini satu-satunya laman KPU Provinsi yang memiliki tools untuk disabilitas, untuk Pak Rukbi inovasinya KPU provinsi bisa melakukan monitoring absensi KPU Kab/Kota, selama ini KPU RI yang memonitor KPU provinsi. Untuk Pak Hendro inovasinya menghidupkan ULP yang selama ini belum ada. “Saya sangat puas dengan bimbingan saya dan apresiasi luar biasa tentunya berkat bimbingan dari mento,” urai Endan.

Sementara itu, Komisioner Komisi Informasi Banten Maskur, turut menyampaikan apresiasi. “Kita senang dan apresiasi karena tools disabilitas ini ada hubungannya dengan keterbukaan informasi publik, menarik bagi KPU Provinsi, bila perlu diterapkan di KPU Kabupaten/Kota, tahun ini KI akan melakukan pemeringkatan, yang dominan kita nilai diantaranya adalah laman,” terang Maskur menanggapi launching ini.

Inovasi pertama yakni tools dan menu disabilitas di laman KPU Provinsi Banten terdiri dari beberapa tools yang berupa screen reader, diantaranya dapat mengubah tulisan menjadi suara (untuk tuna netra), dapat memperbesar dan memperkecil tampilan laman (untuk penyandang disabilitas low vision), pengubahan jenis font (bagi penyandang diseleksia), serta pengaturan kontras laman.

Inovasi kedua, berupa aplikasi SIMAP KPU, dapat memonitor absensi pegawai dan komisioner KPU Kab/Kota serta dapat dijalankan secara mobile oleh KPU Provinsi. Sehingga meminimalisir terjadinya manipulasi absensi di lingkungan KPU  Kab/Kota.

Inovasi terakhir berupa ULP KPU Provinsi Banten, yang digunakan dalam pengadaan barang/jasa berupa lelang elektronik melalui sistem LPSE, sehingga tidak tergantung dengan ULP instansi lain. Hal ini sebagai upaya mewujudkan lembaga, dalam pengadaan barang/jasa yang transparan, efektif, efisien dan akuntabel. (EH

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...