Surat Sekjen 1090 klik di sini Undangan 445 Raker klik di sini SE 515 Paslon Perseorangan Pemilihan 2018 klik di sini  Surat 504 Perkembangn NPHD klik di sini 

KPU Kabupaten Pasaman Terima Kunjungan DPPKBKPS Provinsi Sumatera Barat

Tanggal : 13 Jul 2017 15:11:33 • Penulis : admin • Dibaca : 278 x


Lubuk Sikaping, kpu.go.id – Kamis, (13/07) KPU Kabupaten Pasaman menerima kunjungan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kasi Bina Aparatur Pendaftaran Penduduk, Adek Putra, dkk. KPU Kabupaten Pasaman diwakili oleh Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Pemilih, Aprina Herawati Nasution, dan didampingi oleh Kasubbag. Program dan Data, dan Operator SIDALIH.

Adek Putra menjelaskan bahwa tujuan utama kedatangannya yakni menghimpun data dan informasi terkait Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari pengguna data dan informasi kependudukan. Informasi yang diterima akan menjadi dasar bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam menyampaikan usulan perbaikan atau penyempurnaan DP4 kepada Kementerian Dalam Negeri RI.

“Berdasarkan informasi KPU Provinsi Sumatera Barat, KPU Kabupaten Pasaman merupakan salah satu satuan kerja yang memiliki jalinan kerjasama yang baik dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Aprina Herawati Nasution yang akrab disapa Lala menjelaskan bahwa koordinasi dan kerjasama KPU Kabupaten Pasaman dengan Disdukcapil Kabupaten Pasaman hingga saat ini berjalan lancar dan harmonis. Kebutuhan data yang mendesakpun dilayani dengan baik pada kesempatan pertama termasuk dalam pemenuhan data terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang menjadi salah satu fokus kebijakan KPU. Rapat koordinasi secara berkala pun dilakukan dengan tertib dan lancar.

Lala menambahkan bahwa DP4 yang telah disinkronisasi oleh KPU RI dan diterima KPU Kabupaten Pasaman secara umum sudah cukup bagus, namun demikian ada beberapa point penting yang menjadi catatan yakni alamat penduduk pada DP4 yang tidak jelas (hanya mencantumkan kecamatan/nagari dan adanya perbedaan jumlah nagari, pada DP4=32 nagari sedangkan dalam daftar pemilih nagarinya 37) sehingga menimbulkan kekeliruan saat menempatkan pemilih dalam daftar pemilih untuk pemilu.

Pemutakhiran berkelanjutan yang dilaksanakan KPU Kabupaten Pasaman tidak akan mengganggu DP4 yang diperbaharui oleh Disdukcapil, justru ketika nanti DP4 disinkronisasi dengan data pemilih terakhir hasil pemutakhiran berkelanjutan akan menghasilkan data pemilih yang lebih valid karena data pindah, datang dan meninggal penduduk serta perubahan status selalu diperbaharui.

Pada kesempatan terpisah, Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Jajang Fadli, memperkuat apa yang disampaikan Lala bahwa sejak penyelenggaraan Pemilu 2014 dan Pilkada 2015 hingga saat ini hubungan dan kerjasama selalu terjalin baik dengan Disdukcapil Kabupaten Pasaman. Disdukcapil Kabupaten Pasaman pada tahun 2015 pun tidak sungkan menyatakan bahwa daftar pemilih yang dimiliki KPU lebih valid dari data yang dimilikinya.

Diakhir kunjungannya, Adek Putra, dkk menyempatkan diri mengunjungi Pusat Pelayanan Informasi Publik KPU Kabupaten Pasaman dan menyampaikan apresiasi atas keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan KPU Kabupaten Pasaman. (md)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...