Surat Sekjen 1090 klik di sini Undangan 445 Raker klik di sini SE 515 Paslon Perseorangan Pemilihan 2018 klik di sini  Surat 504 Perkembangn NPHD klik di sini 

KPU Lutra Gelar Rakor Mutarlih Berkelanjutan

Tanggal : 13 Jul 2017 15:42:52 • Penulis : admin • Dibaca : 344 x


Masamba, kpu.go.id – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Tahun 2018, Pemilihan Umum Anggota DPR,DPD,DPRD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar rapat koordinasi (rakor) tentang Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) Berkelanjutan dengan unsur terkait yang di hadiri oleh Ketua KPU Lutra Suprianto, para Komisioner dan Sekretaris KPU Lutra Andi Kasmawati.

Hadir dalam undangan rakor ini Asisten I Pemda Lutra Andi Sarappi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), para camat se-Kabupaten Lutra serta para pengurus partai politik. Kegiatan ini berlangsung di Aula Demokrasi kantor KPU Lutra, Kamis (13/7).

Ketua KPU Lutra Suprinto mengatakan bahwa rapat ini adalah tindak lanjut dari surat KPU RI Nomor: 412/KPU/VI/2017 tentang Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data pemilih Berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk memelihara data pemilih dan memperoleh data pemilih yang benar-benar  akurat dan terpercaya.

Suprianto lebih jauh menjelaskan bahwa, persoalan data pemilih adalah bukan hal baru, ini adalah persoalan krusial yang sering terjadi dalam setiap pemilu atau pilkada yakni  banyak pemilih yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih tapi tidak terdaftar dalam (DPT) dan juga tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Untuk itu KPU meminta saran serta membuka ruang berdiskusi untuk perbaikan data pemilih ini.

“Jadi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Ini adalah terobosan baru KPU RI.  Untuk mengantisipasi terjadinya persoalan daftar pemilih dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada dengan cara melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan. Jadi bukan hanya dilaksanakan ketika tahapan pemilu berjalan saja ini kita akan lakukan terus-menerus,” ujar Suprianto.

Masih dari Suprianto, menjelaskan bahwa, untuk Kabupaten Lutra sesuai informasih Disdukcapil, masih ada sekitar 56.425 jiwa orang yang belum melakukan perekaman e–KTP. Suprianto berharap agar di sisa waktu yang masih ada agar segera mencari solusi, supaya mereka dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu kedepan dengan cara melakukan sosialisasi.

Diakhir sambutannya Suprianto berharap kepada partai politik, dan pemilih hendaknya mampu mencerna setiap infor¬masi yang berkaitan dengan data dan daftar pemilih, sehingga setiap perkembangan data bisa kita mudah untuk mengetahui. Selain itu KPU juga meminta agar menyosialisasikan kepada warga pentingnya melakukan perekaman e–KTP. Karena ini berkaitan dengan penggunaan hak pilih pada pilkada dan pemilu, serta keanggotaan dalam partai politik yang nantinya akan diverifikasi.

Untuk itu Suprianto meminta kepada para calon pemilih yang belum mempunyai e–KTP untuk segera melakukan perekaman, sebab, apabila tidak, maka terancam kehilangan hak suaranya dalam Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Selain itu, sistem ini dapat mengontrol supaya tidak jadi kegandaan data penduduk atau pemilih melalui e-KTP.

Sementara itu Bupati Lutra dalam sambutannya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini dan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras KPU Kabupaten  Lutra, yang selama ini telah berhasil menyelenggarakan pemilu maupun pilkada. Terkait mutarlih, ia mengharapkan kerjasama yang baik antara KPU dengan Pemda melalui Disdukcapil, BPS, para camat se- Kabupaten Lutra, serta para pengurus partai politik.

Ia menggambarkan bahwa data pemilih yang baik, yakni akurat, akan menjadikan pemilu, pilkada yang berkualitas dan menghasil pemimpin yang berkualitas pula. “Karena benar-benar pilihan rakyat, hasil demokrasi yang berkualitas, baik prosesnya maupun hasilnya. Untuk itu hasil rakor ini ditindaklanjuti dan apa yang menjadi kewajiban pemerintah akan kita lakukan,” pungkas Bupati. (Ramadhan Iqbal)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...