Pengumuman Perpanjangan Seleksi Eselon II.b klik di sini Surat 708 Pembentukan PPS Pilkada 2018 klik di sini Syarat Calon Anggota KPU klik di sini Und Bimtek Dapil klik di sini

KPU Siapkan Strategi untuk Pemilu Akuntable dan Terpercaya

Tanggal : 18 May 2017 15:56:31 • Penulis : admin • Dibaca : 945 x


Padang, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat strategi baru yang sudah dipakai sejak penyelenggaraan Pemilu 2014 yang lalu. Strategi tersebut untuk mewujudkan pemilu yang lebih akuntable dan terpercaya di masyarakat. Salahsatunya penggunaan teknologi informasi, seperti Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), dan Sistem Informasi Logistik (Silog).

Melalui Sidalih ini masyarakat dapat mengecek secara langsung namanya apakah sudah terdaftar dalam database KPU. Pada Pemilu 2014 yang lalu 135 juta pemilih sudah single data atau tanpa kegandaan, dan masih ada 60 juta lagi yang on proses sambil menunggu program e-KTP selesai. Melalui Situng, siapapun bisa cek langsung hasil pemilu atau pilkada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian ada Silog yang publik bisa melihat berapa surat suara, kotak suara, dan harganya, hal ini bisa menepis kecurigaan-kecurigaan terhadap KPU.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU RI Arief Budiman saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (18/5) di kantor KPU Provinsi Sumbar.

"Untuk itu, ini pentingnya RPP dibangun sebagai strategi KPU dalam memberikan akses kepada publik bisa melihat aktifitas KPU. RPP ini juga bisa sebagai sarana memberikan pemahaman dan pendidikan pemilih kepada masyarakat," tutur Arief dalam sambutan pembukaannya.

Semua data-data KPU sekarang sudah diolah secara digital, tambah Arief, siapapun boleh ambil, baik masyarakat maupun partai politik (parpol) dalam mempersiapkan strategi pemilu ke depan. Pelayanan RPP ini juga bisa dua arah, pertama, publik bisa datang langsung ke RPP, KPU sudah siapkan semua data-datanya, kedua, KPU bisa datang dan hadir memberikan pemahaman di sekolah, kampus, ormas, dan parpol.

"KPU dalam bersosialisasi juga tidak hanya mengacu pada peraturan perundangan saja. Tapi KPU bekerja juga berdasarkan riset-riset, seperti riset partisipasi masyarakat dan riset melek pemilu. Semua itu dilakukan KPU untuk melayani masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat," ujar Arief di depan tamu undangan dari KPU kabupaten/kota, Bawaslu, forkompimda, parpol, akademisi, sekolah, dan media.

Senada dengan Arief, Ketua KPU Provinsi Sumbar Amnasmen juga menegaskan RPP ini sebagai bagian gagasan KPU untuk berbuat lebih jauh dalam pendidikan pemilih kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas pemilih. RPP KPU Provinsi Sumbar terbuka bagi siapapun yang ingin belajar dan mencari informasi terkait pemilu dan demokrasi.

"RPP ini menjadi sarana informasi, data-data, tempat riset bagi mahasiswa, dan sarana belajar siswa sekolah. Kita berharap ini menginspirasi semua pihak. Melalui RPP ini kita bisa sampaikan proses pemilu ini adalah pilihan founding father dalam demokrasi sebagai proses bernegara," tutur Amnasmen.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Sumbar Jefrinal Arifin berharap melalui RPP ini kualitas demokrasi bisa tercipta lebih baik di Sumbar dan meningkatnya partisipasi pemilih dalam pemilu dan pilkada. Tantangan ke depan lebih besar, karena sebentar lagi ada pilkada serentak 2018 dan pemilu nasional 2019. Hal tersebut menjadi tugas KPU dalam mensosialisasikannya di masyarakat dengan sumber daya dan sarana prasarana di KPU Provinsi Sumbar. (Arf/red. Foto Arf/Humas KPU)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...