Jambore Komunitas Demokrasi  Klik Disini Hasil Tes Alih Status bagi PNS Dipekerjakan Klik Disini Penerima Beasiswa S2 Tata Kelola Pemilu klik di sini Pemberian Penghargaan PNS klik disini

Laksanakan Perintah MK, Maybrat Gelar PSU

Tanggal : 15 May 2017 22:58:00 • Penulis : admin • Dibaca : 1369 x


Ayamaru, Maybrat (15/05/2017) Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2017 (Pemilihan) masih menyisakan pekerjaan bagi sejumlah penyelenggara. Pasalnya Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan putusan sela yang memerintahkan beberapa KPU Kab/Kota untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU). Salah satu di antaranya adalah KPU Kab. Maybrat, Provinsi Papua Barat yang berdasarkan Putusan MK Nomor 10/PHP.BUP_XV/2017 tanggal 27 April 2017 diperintahkan untuk melakukan PSU di TPS 01 Kampung Iroh Sohser, Distrik Aitinyo Tengah.

Pemohon dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP), Karel Murafer dan Yance Way yang merupakan pasangan calon (paslon) nomor 1 sekaligus incumbent, dalam permohonannya mendalilkan bahwa terdapat seorang saksi mandat dari Pihak Terkait yaitu paslon nomor 2 Bernard Sagrim dan Paskalis Kocu, yang mewakili pemilih untuk memberikan suaranya di TPS. Hal tersebut membuat MK memerintahkan diselenggarakannya PSU untuk menjaga dan memastikan terlaksananya proses Pemilihan yang luber jurdil pada setiap tahapan, tanpa terkecuali tahapan pemungutan suara.

Pada Amar Putusan MK Nomor 10/PHP.BUP_XV/2017, KPU RI dan Bawaslu RI diperintahkan untuk melakukan supervisi secara berjenjang terhadap proses PSU tersebut. Kepolisian RI juga diperintahkan untuk melakukan pengamanan, mengingat suhu politik yang meningkat selama digelarnya pesta demokrasi di Kabupaten Maybrat. Menindaklanjuti perintah MK tersebut, KPU RI menugaskan Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Wahyu Setiawan, S.IP, M.Si untuk turun ke lapangan melakukan supervisi secara langsung.

Sementara itu setelah melewati sejumlah koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, pada Senin (15/5/2017) Kabupaten Maybrat menuntaskan kewajiban yang diperintahkan oleh Mahkamah Konstitusi untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 Kampung Iroh Sohser, Distrik Aitinyo Tengah. Sebagai bentuk pelaksanaan Amar Putusan MK, ratusan aparat gabungan TNI/Polri disiagakan di sepanjang jalan masuk ke kampung tersebut, hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sehingga meskipun muncul permasalahan antara masyarakat dan petugas KPPS namun Kelompok Panitia Pemungutan Suara Ulang (KPPSU) Iroh Sohser dapat menyelesaikannya dengan baik.

Berdasarkan pantauan tim supervisi KPU RI, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat di KPU Kabupaten Maybrat,  Kampung Iroh Sohser memiliki 66 pemilih, namun setelah dilakukan validasi ternyata 4 orang sudah meninggal, sementara 5 orang lainnya ditemukan pemilih ganda. Varian pemilih ganda yang ada di TPS ini adalah terhadap satu nama pemilih terdapat dua orang yang mengaku sebagai pemilih, sehingga total 9 suara tidak dapat diberikan hak pilihnya, sehingga kedua pasang calon hanya memperebutkan 57 suara.
Setelah proses PSU selesai paslon nomor 1 Drs. Bernard Sagrim, MM-Drs. Paskalis Kocu, M.Si mendapatkan 27 suara sedangkan paslon nomor 2 Karel Murafer, SH, MA-Yance Way, SE, MM unggul dengan mendapatkan 30 suara. Kendati demikian nampaknya keunggulan paslon nomor 2 pada PSU di TPS tersebut tidak mengubah kedudukan paslon nomor 1 sebagai peraih suara terbanyak pada keseluruhan suara di Kab. Maybrat.

Komisioner KPU RI Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Wahyu Setiawan, S.IP, M.Si, kepada media mengatakan, warga di kampung ini sangat dinamis dalam pelaksanaan PSU, namun secara umum, pelaksanaannya berjalan aman dan lancar, dimana semua orang menggunakan hak pilihnya dengan tenang dan nyaman tanpa tekanan. “Setelah penghitungan suara ini, diharapkan semua pihak dapat menerima hasilnya, sehingga pelaksanaannya berjalan baik,”ujarnya. (SHD,DNX,YBC,PJ)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...