SE 472 UD dan UKPPI klik disini SE 3 Laporan Prestasi melalui ELapkin klik disini Hasil Tes Wawancara Seleksi Terbuka Eselon II klik disini

Peran Kaum Kartini Dalam Pemilihan

Tanggal : 21 Apr 2017 16:17:42 • Penulis : admin • Dibaca : 188 x


Pangkajene, kpu.go.id – Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini yang jatuh tepat pada hari Jumat, 21 April 2017, KPU Kabupaten Pangkajene Kepulauan melaksanakan silaturrahmi dan diskusi dengan organisasi, majelis taklim dan kelompok-kelompok peduli perempuan.

Narasumber dan pemateri menghadirkan salah satu Anggota DPRD Kabupaten Pangkajene Kepulauan yang juga merupakan satu-satunya ketua partai politik perempuan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Hj. St. Rabiah, didampingi oleh Ketua dan Anggota KPU.

Diskusi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Pangkajene Kepulauan Burhan A., yang menyampaikan bahwa diskusi ini merupakan awal dari kegiatan-kegiatan berikutnya yang bertema dan bersentuhan langsung dengan perempuan. “Perempuan merupakan corong kepada keluarga, tetangga dan masyarakat untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu,” ungkap Burhan.

Materi Syarat Penting Menjadi Pemilih Dalam Pemilu/Pilkada disampaikan anggota KPU Divisi Data Aminah. Ia menyampaikan bahwa ibu-ibu sebagai kartini masa kini harus berperan aktif dalam kegiatan pemilu dan pilkada. “Perempuan harus mengambil peran yang lebih dalam penyelenggaraan Pemilu/Pilkada, sehingga tidak hanya sebagai penonton,” terang satu-satunya anggota KPU perempuan.

Sementara itu, Hj. St. Rabiah, memberikan materi Perempuan dalam Pemilu/Pilkada “Kuota 30 persen keterwakilan perempuan di DPRD kita saat ini hanya tiga orang, jauh dari kata keterwakilan untuk DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang jumlah kursinya sebanyak 35 kursi. Artinya keputusan-keputusan yang diambil oleh DPRD kebanyakan tidak berpihak ke kaum perempuan karena kurang yang bersuara. Sehingga saya mendorong kepada saudara-saudaraku ini untuk ikut dan siap mengambil peran menyuarakan suara perempuan baik terlibat langsung sebagai anggota DPRD ataupun menyalurkannya ke lembaga yang ada,” tegas Ketua DPC PKB Kabupaten Pangkajene Kepulauan ini.

Berbagai masukan dan tanggapan disampaikan oleh peserta antara lain. “Bahwa selama ini kuota 30 persen keterwakilan perempuan hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi syarat perempuan supaya bisa ikut berkompetisi dalam pemilu,” ungkap Ketua GOW Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

“Sosialisasi dan bentuk-bentuk penyampaian materi pemilu dan pilkada saat ini sudah memadai tapi persoalan money politic yang harus lebih diperhatikan karena merusak tatanan demokrasi yang ada. Untuk mengatasi ini bisa dengan cara mengubah pola pikir cara pencegahan yang tadinya dari bawah kita terapkan dulu dari atas. Artinya para pimpinan parpol, pengurus dan calon kepala daerah yang harus diberikan edukasi tentang bahaya money politic,”  jelas anggota Majelis Taklim Nurul Muthi’ah.

Selanjutnya, Anggota KPU Divisi Sosialisasi mengatakan, masyarakat harus sadar dan melibatkan diri dalam setiap proses pemilu dan pilkada. “Jangan nanti namanya tidak ada dalam DPT mendatangi TPS dan marah-marah karena tidak pernah aktif mencari informasi ada tidak namanya dalam DPS dan DPT,” pesan Muhammad Basir.

Pertemuan ini adalah pertemuan tiga pilar pemilu/pilkada, yakni penyelenggara, yaitu KPU, Anggota DPRD yang tentu adalah peserta dan masyarakat atau pemilih. Usulan ibu ibu peserta mengisyaratkan kepada KPU sebagai penyelenggara dan DPRD sebagai peserta agar lebih memperluas sosialisasinya yang tidak hanya pada tataran tingkat bawah saja, tetapi juga kepada tataran tingkat elit.

Karena itu, pertemuan ini sebagai awal kontrak sosial kita untuk mengintegrasikan kegiatan yang ada di masyarakat dengan KPU, bagaimana melibatkan KPU pada kegiatan masyarakat untuk bersosialisasi. Kemudian, tentunya dari masyarakat atau pemilih itu sendiri masih penting untuk diperbaiki pola pikirnya dalam menghadapi pemilihan, begitu pula dengan para calon dan tim suksesnya, juga masih penting untuk diperbaiki pola perilakukanya, khususnya dalam berkampanye.

Kemudian yang terpenting juga adalah pemerintah dan penyelenggara, juga masih sangat penting untuk diperbaiki cara berpikirnya, dalam arti bahwa pemerintah sebagai supporting pemilu/pilkada harus peka terhadap penyelenggaraan pemilu/pilkada. Sedangkan penyelenggara, dibutuhkan kreatifitas bersosialisasi, akuntabilitas dan profesionalisme dalam bekerja. (kpu-pangkep/hupmas)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://www.kpu-sumbarprov.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://www.kpu.kepriprov.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://kpud-baliprov.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kpu-kalbarprov.go.id/
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://kpud.sulselprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...