Pengumuman Perpanjangan Seleksi Eselon II.b klik di sini Surat 708 Pembentukan PPS Pilkada 2018 klik di sini Syarat Calon Anggota KPU klik di sini Und Bimtek Dapil klik di sini

Anggota KPU RI Periode 2017-2022 Akan Diumumkan di Paripurna DPR RI

Tanggal : 03 Apr 2017 16:45:55 • Penulis : admin • Dibaca : 3168 x


Jakarta, kpu.go.id – Ketua Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Zainudin Amali sebelum membuka uji kelayakan dan kepatuhan para calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan, pengumuman nama-nama anggota KPU RI periode 2017-2022 akan diumumkan pada saat rapat paripurna DPR RI, Senin (3/4).

Sebelum diumumkan di forum paripurna, Zainudin mengatakan, Komisi 2 DPR RI akan melaporkan hasil pelaksanaan uji kelayakan dan kepatuhan tersebut ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI pada 5 April mendatang.

“Nanti pengumumannya pada saat di paripurna. Tanggal 5 (April) kami (Komisi 2) laporkan ke bamus. kemudian pengumuman nama-nama yang dipilih oleh Komisi 2 akan diumumkan di paripurna,” kata Zainudin.

Ia berharap setelah dilaporkan kepada bamus, pimpinan DPR RI dapat menjadwalkan rapat paripurna pada 6 April mendatang, sehingga para anggota KPU periode 2017-2022 dapat segera diumumkan.

“Kami (Komisi 2) berharap tanggal 6 pimpinan DPR menjadwalkan untuk paripurna. Dengan salah satu agendanya penyampaian laporan Komisi 2 DPR RI pada rapat paripurna tentang pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan, sebagaimana ditugaskan oleh badan musyawarah DPR RI,” lanjut dia.

Zainudin optimis pada 12 April mendatang, saat masa jabatan anggota KPU RI periode 2012-2017 telah habis, DPR sudah menetapkan nama-nama anggota KPU RI periode 2017-2022.

“Kami (Komisi 2) berkomitmen tanggal 12 itu sudah ada komisioner baru bagi KPU. Jadi kami punya optimisme pada tanggal 12 April itu sudah terjadi pergantian komisioner, baik KPU maupun Bawaslu,” terang Zainudin.

Mengenai mekanisme uji kelayakan dan kepatuhan yang dijalani oleh para calon anggota KPU RI periode 2017-2022, Ia menjelaskan bahwa proses tersebut akan dilakukan secara terbuka, sehingga media massa dan masyarakat dapat melihat kapasitas para calon anggota KPU RI yang baru tersebut.

“Dilakukan terbuka supaya teman-teman media bisa meliput dan masyarakat bisa mengetahui tentang kapasitas dari masing-masing calon. Dan nanti saat pengambilan keputusan akan kami lakukan tertutup,” ujarnya.

Menurut jadwal uji kelayakan dan kepatuhan calon anggota KPU RI periode 2017-2022 yang dirilis oleh DPR RI, proses tersebut akan digelar hari ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta hingga pukul 22.00 WIB.

Mekanisme selanjutnya, DPR akan membagi proses tersebut menjadi 3 sesi. Sesi perdana digelar DPR pukul 10.00 WIB dengan peserta Amus Atkana; Arief Budiman; Evi Novida Ginting Manik; dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Sesi kedua digelar pukul 14.30 WIB, dengan calon anggota KPU atas nama Hasyim Asy’ari; Ida Budhiati; I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi; Ilham Saputra; dan Pramono Ubaid Tanthowi. Sedangkan pada sesi terakhir rencananya akan digelar pukul 19.00 WIB dengan peserta Sigit Pamungkas; Sri Budi Eko Wardani; Viryan; Wahyu Setiawan; dan Yessy Y. Momongan.

Sementara itu, untuk proses uji kelayakan dan kepatuhan untuk calon anggota Bawaslu periode 2017-2022 akan dilakukan esok, Selasa (4/4). (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...