Pengumuman Perpanjangan Seleksi Eselon II.b klik di sini Surat 708 Pembentukan PPS Pilkada 2018 klik di sini Syarat Calon Anggota KPU klik di sini Und Bimtek Dapil klik di sini

KPU RI Tinjau Langsung Pencetakan Surat Suara Pemilihan 2017

Tanggal : 11 Jan 2017 14:06:03 • Penulis : admin • Dibaca : 1792 x


Jakarta, kpu.go.id Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melakukan monitoring dan peninjauan langsung proses pencetakan surat suara pemilihan 2017, Rabu (11/01). Peninjauan ini dilakukan di percetakan PT. Dian Rakyat yang terletak di kawasan industri Pulogadung Jakarta.

Surat suara yang dicetak di percetakan ini untuk kebutuhan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Banten. Jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 7.900.000 lembar dengan proses cetak 4 hari tanggal 11 – 14 Januari 2017. Proses pemotongan dan packing surat suara tersebut dilakukan simultan dengan proses cetak selama 12 hari.

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mengungkapkan pentingnya surat suara ini dalam logistik pemilihan 2017, sehingga harus dipastikan tidak ada proses yang terhambat. Pencetakan surat suara ini juga harus tepat jumlah dan kualitas.

“Proses pencetakan surat suara itu harus sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, tidak boleh kurang tidak boleh lebih. Untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan, harus dipastikan proses cetak dan packing yang kuat dan aman dari air maupun apabila jatuh,” tutur Juri yang hadir bersama jajaran Komisioner KPU RI lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU RI Arief Budiman menekankan pentingnya keamanan dalam proses pencetakan surat suara dan distribusinya. KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota harus bekerjasama dengan pihak keamanan pada saat distribusi logistik ke kecamatan dan desa.

“Selama proses pencetakan, KPU menempatkan pihak kepolisian untuk pengamanan surat suara, dan menempatkan tim sekretariat KPU di tempat pencetakan untuk memastikan surat suara yang dicetak sesuai dengan approval,” ujar Arief yang juga memegang divisi logistik di KPU RI.

Sementara itu jumlah surat suara yang dicetak secara nasional untuk Pemilihan 2017 sebanyak 45.591.762 lembar. Perinciannya sebanyak 22.918.568 lembar untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, serta pemilihan walikota dan wakil walikota, dan sebanyak 22.673.194 lembar untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Kebutuhan tinta sidik jari untuk pelaksanakan Pemilihan 2017 sebanyak 199.322 botol. Kebutuhan segel sebanyak 2.093.971 keping dan hologram sebanyak 330.627 keping yang akan digunakan bagi 101 daerah yang menyelenggarakan pemilihan 2017. Proses pengadaan logistik surat suara, tinta sidik jari, segel dan hologram kebutuhan pemilihan 2017 saat ini telah dilakukan melalui katalog elektronik.

Saat ini, sebanyak 91 daerah sudah melaksanakan proses pengadaan, bahkan beberapa daerah sudah dalam tahap pencetakan surat suara, seperti DKI Jakarta, Banten, dan Kota Tasikmalaya. Sisanya, sebanyak 10 daerah saat ini sedang dalam proses approval desain surat suara dan diperkirakan dalam minggu ini seluruh satker sudah dalam tahap proses pencetakan surat suara. (Arf/red. FOTO KPU/Dosen/Hupmas)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...