Surat No 56 Penghargaan Website klik disiniSurat No 55 Lomba Jurnalistik klik disini SE 25 Penilaian Anggota klik disini Buku Panduan KPPS&PPK klik disini SE 35 Evaluasi Pemetaan Pegawai klik disini

Tahun 2017 KPU Harus Menjadi Lembaga Yang Lebih Kuat

Tanggal : 04 Jan 2017 15:35:14 • Penulis : admin • Dibaca : 974 x


Jakarta, kpu.go.id – Mengawali Tahun 2017 Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Juri Ardiantoro meminta jajaran KPU untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga mampu menjadi lembaga yang makin kuat serta makin dipercaya oleh publik, Rabu (4/1).

“Begitu rapatnya agenda dan tugas kita, kita harus menyiapkan diri sebaik mungkin untuk membuat lembaga ini lebih kuat, dan semakin dipercaya sehingga kita bisa mengemban tugas yang berat dan kompleks ini dengan baik,” kata Juri

Hal tersebut dikatakan Juri mengingat pada tahun 2017 ini KPU akan menghadapi serangkaian agenda terkait pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) yang jarak pelaksanaan tahapannya cukup padat.

“2017 merupakan tahun yang sangat penting dan membutuhkan fokus kita untuk menghadapi pekerjaan dan tugas yang berat. Ada Pilkada 101 daerah, yang sekarang tahapannya sudah memasuki tahap-tahap krusial, di tahun 2017 pula akan dimulai tahapan Pilkada 2018 di 179 daerah. Di tahun 2017 pula merupakan tahapan awal Pemilu 2019, pemilu serentak nasional juga akan dimulai, kira-kira akhir tahun 2017 tahapan Pemilu Nasional Serentak Pertama 2019 akan dimulai. Juga ada pula seleksi anggota KPU/Bawaslu,” sambungnya.

Dalam acara Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2017 yang juga dijadikan momen untuk melepas Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal KPU, Emma Nurochma yang telah memasuki purna bakti tersebut, Juri mengatakan saat ini ada satu tantangan tersendiri yang sedang diupayakan oleh KPU, yakni predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan pertanggungjawaban keuangan milik KPU.

Oleh karena itu ia meminta KPU RI dapat meningkatkan kualitas pelaporan secara administratif. Khusus untuk laporan administratif dari Biro Umum Sekretariat Jenderal KPU, Juri ingin Biro Umum dapat melakukan pendataan aset KPU secara lebih baik.

“Tantangan yang masih dihadapi adalah, kita belum dianggap sebagai lembaga yang pantas menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di mana dalam pemeriksaan laporan keuangan, salah satu yang diperiksa itu adalah kerapihan administrasi, di mana kita belum rapi untuk membereskan aset kita. Mudah-mudahan ke kepan Biro Umum lebih meningkatkan kinerjanya sehingga betul-betul mensupport KPU untuk mendapatkan predikat WTP.

Mengenai purna bakti Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal KPU, Emma Nurochma, Juri menyampaikan apresiasi kepada kepala biro umum yang sebelumnya telah mengabdikan diri semenjak tahun 1977.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Ibu Emma yang sudah bekerja sekian puluh tahun sejak tahun 1977, karena senioritas dan pengalaman yang panjang bekerja di lembaga penyelenggara pemilu sejak 1977 sampai sekarang. Mudah-mudahan selama bekerja ini menjadi amal ibadah Ibu Emma, terima kasih atas pengabdiannya selama ini di KPU karena Ibu Emma menjadi salah satu orang yang turut mengantarkan sejarah bangsa ini,” tutur Juri. (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://www.kpu-sumbarprov.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://kpud-sumselprov.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://www.kpu.kepriprov.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://kpud-baliprov.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kpu-kalbarprov.go.id/
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://www.kpu-kaltimprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://kpud.sulselprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...