Surat Sekjen 1090 klik di sini Undangan 445 Raker klik di sini SE 515 Paslon Perseorangan Pemilihan 2018 klik di sini  Surat 504 Perkembangn NPHD klik di sini 

Diskusi, Evaluasi Dan Sosialisasi Pemilih Berbasis KTP Elektronik Menjadi Program Akhir Tahun 2016 KPU Klungkung Bali

Tanggal : 30 Dec 2016 13:53:08 • Penulis : admin • Dibaca : 1979 x


KPU Kabupaten Klungkung selalu setia untuk memberikan informasi terkini mengenai Pemilihan Kepala Daerah serta Pemilu kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran lembaga yang menyelenggarakan pemilu dan pilkada SMA/SMK Se Kabupaten Klungkung Bali.

Semarapura - Dengan diawali Jumat (25/11 s/d 9/12/2016) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali mengadakan sosialisasi kepada seluruh siswa/siswi SMA/SMK dengan bertajuk Program Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Semester II yang berhubungan Pemilih Pilkada serentak Juni 2018 dan Pemilu 2019 berbasis KTP Elektronik. Divisi Perencanaan, Program dan Data Sang Ayu Mudiasih yang menjadi gawang kegiatan ini didampingi seluruh Komisioner, Kasubag dan Staf serta Ketua KPU ikut membagi diri untuk memberikan informasi tersebut kesekolah secara bergantian selama dua pekan. Setelah mendapat persetujuan melalui rapat pleno program yang bertujuan menggugah pemilih pemula untuk segera merekam identitas dirinya dalam KTP Elektronik sebagai syarat nantinya untuk terdaftar dalam Pemilih hadir kesekolah – sekolah dengan banyak memberikan informasi kelembagaan penyelenggaraan Pemilihan dan Pemilu, Jadwal Pemilu dan Pemilihan, Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klungkung serentak dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Juni 2018 serta Pemilu tahun 2019. Dirinya juga menyinggung mengenai pelaksanaan Pemutakhiran daftar pemilih dengan basis KTP Elektronik.

Selain itu tim juga menyampaikan pentingnya KTP Elektronik dalam administrasi kependudukan dan Pemilihan serta Pemilu, makanya KPU dalam hal ini mengajak seluruh siswa yang sudah berumur 17 tahun keatas serta anggota keluarga yang sudah atau pernah menikah agar aktif untuk merekam E KTP serta himbauan kerjasama KPU dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk merekam di Sekolah – sekolah. Pihaknya terus akan mensosialisasikan hal tersebut dengan diawali dari Sekolah hingga kemasyarkat lewat stiker yang disebar ke Banjar – Banjar serta tempat stategis lainnya dengan minta bantuan Perbekel dan Klian Banjar Dinas masing – masing.

Program ini ternyata sangat antusias diikuti oleh para siswa karena setiap kehadiran KPU Kabupaten Klungkung ke Sekolah – sekolah pada sesi diskusi  tidak pernah sepi akan pertanyaan dan bahkan hampir siswa sudah siap dengan argument yang sederhana namun memang benar terjadi dimasyarakat serta kendala – kendala yang dihadapi dalam perekaman KTP Elektronik. Namun di Kabupaten Klungkung hal ini sangat bergayung sambut karena Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil dalam hal ini punya program turun ke desa untuk merekam penduduknya serta kerjasama KPU Kabupaten Klungkung dengan merekam siswa yang sudah berumur 17 tahun di sekolah bisa terwujud kedepannya.

Sedangkan tepat Kamis, (29/12/2016) menjadi momen penting untuk KPU Kabupaten Klungkung, dimana program dan kegiatan yang direncanakan diawal tahun bisa terlaksana dengan baik dan bahkan melampaui target yang telah ditentukan. Namun untuk mendapat kekuatan dan kelemahan program kegiatan maka diperlukan diskusi dan evaluasi guna perbaikan kedepanya yaitu di tahun 2017. Hal itu diuangkapkan Ketua KPU Kabupaten Klungkung I Made Kariada dalam Diskusi dan Evaluasi Program Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 di Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP). Diskusi intern ini membahas mengenai program kegiatan yang telah dilaksanakan baik yang didukung anggaran maupun inisiatif serta kreatifitas dalam mendukung peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Rapat yang dihadiri Komisioner, Sekretaris serta Kepala Sub Bagian ini menampilkan secara terperinci mengenai kegiatan yang terlaksana ditahun 2016 dengan melakukan evaluasi kekuarangan serta kelemahan untuk mendapat solusi guna perbaikannya kedepan. Selain itu diskusi dan evaluasi tersebut juga menarik kekuatan yang dimiliki tiap – tiap program sehingga bisa dipertahankan dalam pelaksanaanya ditahun 2017 serta efektiftasnya dalam menggugah masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam pemilu serta pilkada.

Tersampainya informasi terbaru lebih cepat kepada masyarakat menjadi titik tolak yang paling utama dalam program yang akan disusun sehingga masyarakat terutama pemilih  tergugah hati nuraninya untuk hadir di TPS menggunakan hak pilihnya. I Made Kariada memaparkan program – program unggulan KPU Kabupaten Klungkung tahun 2016 yang maksimal telah dilaksanakan seperti penguatan kelebagaan, pengelolaan logistik dan kearsipan, Data informasi kepemiluan, penata usahaan BMN, Advokasi hukum, sosialisasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan kepada siswa SMA/SMK, Sosialisasi Pemilu kepada Pemilih Pemula, penyebaran materi sosialisasi melalui stiker, LED serta pemasangan spanduk dan yang tidak kalah pentingnya adalah pembuatan Rumah Pintar Pemilu yang mana KPU Kabupaten Klungkung tidak menjadi pilot projek. Jadi KPU Kabupaten Klungkung dimana program yang telah ditetapkan tidak hanya mencapai target namun sudah melampaui sehingga ditahun 2017 bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Diskusi dan Evaluasi terlihat sangat hangat karena seluruh peserta bisa menyampaikan ide dan pendapat guna mendapat kesepakatan. (diulas Kasubag Hukum Sekretariat KPU Klungkung, Wayan Putra Suijana).


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...