Seleksi Terbuka Eselon IIb KPU RI klik di sini SE 591 Pembentukan RPP Klik di Sini Und 556 Rakornas Pilkada Klik di Sini SE 1166 Lap Website klik di sini 

KPU Lombok Barat Studi Banding Ke KPU Maros

Tanggal : 23 Dec 2016 16:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 720 x


Maros, kpu.go.id Kamis, (22/12) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros kembali kunjungan kerja KPU Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat pada Tahun 2018 mendatang. Hal tersebut, sebagai bentuk pemantapan persiapan penyelenggaraan untuk mendapatkan referensi atau potret pengalaman serta sebagai bahan perbandingan dalam menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serentak Tahun 2015 di Kabupaten Maros.

Rombongan diterima oleh Ketua bersama Komisioner beserta jajaran Pimpinan dan Staf Sekretariat KPU Kabupaten Maros di Aula Kantor KPU Kabupaten Maros.

Dalam sambutan penerimaannya, Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Syaharuddin, atau yang lebih akrab disapa “Bang Datu” menjelaskan secara singkat gambaran umum wilayah kerja KPU Kabupaten Maros yang berbatasan langsung dengan ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini adalah Kota Makassar dengan jarak kedua kota tersebut berkisar 30 km dan sekaligus terintegrasi dalam pengembangan Kawasan Metropolitan Mamminasata, terbagi dalam 14 wilayah kecamatan, 103 desa/kelurahan serta memiliki jumlah 630 TPS.

Secara administrasi, lanjut “Bang Datu”, wilayahnya di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Timur dengan Kabupaten Gowa dan Bone, Selatan berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, dan sebelah Barat berbatasan dengan Selat Makassar, sehingga dalam pelaksanaan tahapan penyelenggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati memiliki tantangan tersendiri serta profesionalisme dari penyelenggara.

Selanjutnya,  Komisioner KPU Lombok Barat Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Suhardi memperkenalkan rombongan Umar Achmad Seth Divisi Hukum, M. Amrullah Divisi Teknis, Marlan Divisi Umum serta Sekretaris KPU Lombok Barat Lalu Suherman, Madri Kasubag Teknis, dan beberapa staf sekretariat diantaranya Lalu Khaerul Umam, Hj. Tohira dan Dina Herawati Bendahara. Ketua KPU Lombok Barat tidak sempat bersama-sama dalam kunjungan kerja tersebut karena secara bersamaan ada acara membawakan materi di DANDIM Lombok Barat.

Komsioner Darmawati yang membidangi Divisi Teknis KPU Kabupaten Maros menyampaikan secara rinci pengalaman penyelenggaraan selama bertugas di KPU. Darmawati memulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih bahwa permasalahan pada pemutakhiran data pemilih merupakan permasalahan yang secara nasional dialami dalam penyelenggaraan seluruh Indonesia, menurutnya hal tersebut dapat terselesaikan dengan cara merekrut petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang mumpuni di bidang tugasnya serta melakukan sinergitas dengan Disdukcapil. Berikutnya adalah tahapan pencalonan, kempanye dan tahapan rekapitulasi penghitungan surat suara. Sebelum mengakhiri penyampaian permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaraan pemilihan, juga disampaikan strategi penanganan permasalahan tersebut.

Strategi penanganan permasalahan dalam penyelenggaran pemilihan baik Pemilihan Umum maupun Pilkada juga disampaikan oleh Ketua KPU Maros Ali Hasan bahwa dalam menjalankan tahapan penyelenggaraan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait terutama melakukan koordinasi dengan Panwas Pemilihan Kabupaten Maros.

Menanggapi pernyataan dari Ketua dan Komisoner KPU Kabupaten Maros, Umar Achmad Seth, menyampaikan bahwa kegiatan studi banding di KPU Kabupaten Maros ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya mengunjungi KPU Kota Surabaya.

Marlan, mengapresiasi KPU Kabupaten Maros yang telah merinci pengalaman-pengalamannya dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada. Menurutnya hal ini menjadi pelajaran sangat berarti bagi KPU Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan, M. Amrullah, meminta penjelasan, yang ia beri istilah “3S” (sebelum/sedang/sesudah), serta menanyakan strategi-strategi penanganan masalah, kemudian Lalu Suherman menanyakan terkait NPHD.

Di akhir pertemuan, Suhardi menarik kesimpulan dan pembelajaran bahwa  pada intinya yang harus diperhatikan dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan adalah akurasi data, koordinasi dengan semua stakeholder dan pendokumentasian kegiatan.

Sebagai penutup Ali Hasan menyampaikan, demi suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, KPU Kabupaten/Kota harus membuka akses keseluruh Tim Pasangan Calon. (Yusdar)


Post Terkait

  • 130 Orang Daftar PPK Pilkada Kota Tangerang 2018
    Tanggal : 2017-10-20 18:15:34

    “Dari 13 kecamatan, Jatiuwung, Tangerang, dan Cipondoh paling tinggi peminatnya. Rata-rata pendaftarnya 12-14 orang di tiga kecamatan ini,” kata Sanusi. ...Selengkapnya...


  • KPU Kota Padang, Verifikasi Faktual Metode Sensus untuk Calon Perseorangan
    Tanggal : 2017-10-19 19:17:00

    "Jika nanti ada paslon perseorangan yang menyerahkan dukungan misalnya sebanyak 60.000 lembar KTP, maka petugas kita akan mendatangi satu per satu dari 60.000 orang tersebut, apa benar dia memberikan dukungan atau tidak. Jika tidak maka akan kita coret," ujar Chandra Eka Putra. ...Selengkapnya...


  • Yessy Momongan, Kalau Sudah Maju Dilarang Mundur
    Tanggal : 2017-10-19 15:45:25

    “Dan yang perlu diingat, bagi calon yang sudah mendaftar, maka tidak diperbolehkan mengundurkan diri. Calon harus siap, jangan sampai ketika sudah dicalonkan atau ditetapkan sebagai calon lalu mengundurkan diri. Kalau itu terjadi maka dikenakan sanksi berupa denda,” tegas Yessy. ...Selengkapnya...


  • 17 Partai Politik Serahkan KTA dan KTP ke KPU Lutra
    Tanggal : 2017-10-19 12:15:00

    Suprianto menjelaskan bahwa masih ada sepuluh partai belum lengkap karena dokumen KTA dan KTP yang diserahkan tidak sesuai jumlah data yang ada dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dengan hardcopy KTA dan KTP Model F2 Parpol yang diserahkan ke KPU Lutra. ...Selengkapnya...


  • Ilham Saputra Luncurkan Pilkada Kota Bima
    Tanggal : 2017-10-19 12:13:10

    Maskot dengan nama “La Bura” ini merupakan pemenang dari syembara yang sebelumnya dilakukan oleh KPU Kota Bima. Sementara lagu “Aina Nefa Mena” yang merupakan pemenang kategori jingle kemudian dinyanyikan berkali kali dalam acara ini. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...