Undangan Rakor & Kuesioner Rumah Pintar Pemilu klik di sini SE 455 Ralat Surat 436 klik di sini Penerima Beasiswa S2 TKP klik di sini Rekap DAK2 Pilkada 2018 klik di sini  

Refleksi Akhir Tahun 2016 KPU Dharmasraya

Tanggal : 23 Dec 2016 15:47:00 • Penulis : admin • Dibaca : 645 x


Pulau Punjung, kpu.go.id Menjelang berakhirnya tahun 2016, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya menggelar konferensi pers bertajuk “Refleksi Akhir Tahun Kegiatan Kepemiluan di Kabupaten Dharmasraya Pada Tahun 2016”. Acara dilaksanakan Kamis (22/12), bertempat di Kantor KPU Kabupaten Dharmasraya.

Ketua KPU Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani, dalam sambutannya mengatakan tujuan konferensi pers ini untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan KPU Dharmasraya di tahun 2016 ini, khususnya setelah berakhirnya Pilkada 2015 yang lalu.

“Tujuannya kita ingin mempublikasikan apa saja yang menjadi kegiatan KPU di tahun 2016 ini, khususnya pasca Pilkada kemarin. Karena kita mendengar setelah Pilkada usai KPU tidak ada kerja. Jadi pada hari inilah kita memberitahukan apa saja kegiatan-kegiatan kita pada tahun 2016 ini,” ujarnya.

Konferensi pers diikuti wartawan/wati berbagai media massa yang bertugas di wilayah Kabupaten Dharmasraya, di antaranya Padang Ekspres, Rakyat Sumbar, Dharmasraya Ekspres, Koran Padang, dan Metro Andalas. Dari KPU Dharmasraya hadir Ketua KPU yang juga Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Yanuk Sri Mulyani), Anggota KPU yang Divisi Hukum (Zainal Efendi), Divisi Teknis (Rizal Gusmendra), Divisi Perencanaan dan Data (Adriadi), dan Sekretaris KPU Kabupaten Dharmasraya (Yenrizal Effendi).

Zainal Efendi, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan konferensi pers merupakan bagian dari keterbukaan informasi publik KPU Kabupaten Dharmasraya kepada rekan-rekan wartawan.

Berbicara tentang kegiatan Divisi Hukum, Zainal menjelaskan selama tahun 2016 divisinya telah menuntaskan tiga kegiatan meliputi penyerahan hasil audit dana kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya kepada seluruh peserta Pilkada 2015, pembubaran Panitia Ad Hoc yakni PPK dan PPS se-Kabupaten Dharmasraya dalam Pilkada 2015, dan pembuatan naskah keputusan KPU Dharmasraya sebanyak 18 keputusan.

“Keputusan yang dihasilkan KPU Dharmasraya selama tahun 2016 sebanyak 18 keputusan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota KPU Divisi Teknis, Rizal Gusmendra, menguraikan sekilas tentang tugas-tugas pokok divisinya yang meliputi pencalonan, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi hasil penghitungan suara, dan Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD.

Terkait dengan PAW, Gusmendra mengingatkan bahwa KPU Dharmasraya telah memroses dokumen PAW atas nama Amrizal Dt. Rajo Medan yang digantikan oleh Khairul Rasyid Dt. Sinaro pada tahun 2015 yang lalu. 

Lebih lanjut, Gusmendra menambahkan KPU saat ini telah memiliki Sistem Informasi Pengganti Antar Waktu (SIMPAW). Seluruh persyaratan dokumen terkait PAW anggota DPRD tersedia di dalam sistem. Informasinya bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

“Tidak ada hal-hal yang disembunyikan dalam proses PAW, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun di tingkat kabupaten/kota. Publik bisa mengetahui terkait proses yang ada di dalamnya dan semuanya bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Sementara itu, Adriadi, dalam penjabaran kegiatan divisinya menyampaikan selama tahun 2016 ini telah dilaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada semester I dan Semester II. Hal itu, menurutnya dapat terlaksana dengan adanya kerjasama yang baik dengan stakeholders, baik partai politik, Disdukcapil, maupun Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya.

Adriadi menambahkan tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Dharmasraya tergolong paling tinggi di Provinsi Sumatera Barat. “Kita coba mempertahankannya dan kalau bisa ditingkatkan lagi,” harapnya. Kedepan, tambahnya, fokus divisinya adalah melaksanakan pemeliharaan data pemilih menjelang Pemilu 2019.

Kemudian, Yanuk Sri Mulyani, menjelaskan tiga poin utama kegiatan divisinya di tahun 2016. Pertama, KPU Kabupaten Dharmasraya, menurutnya, telah melaksanakan rapat pleno rutin mingguan yang dilaksanakan pada hari Senin dan juga rapat pleno rutin bulanan untuk evaluasi laporan keuangan. Sementara untuk penguatan kapasitas kelembagaan, lanjut Yanuk, dalam tahun 2016 ini KPU Dharmasraya telah mengirimkan staf sekretariatnya untuk mengikuti diklat dan workshop.

Kedua, melaksanakan kegiatan pendidikan pemilih berkelanjutan. Kegiatan ini, menurut Yanuk, adalah terobosan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019 nanti. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah-sekolah lanjutan atas.

“Dari 25 SLTA yang ada di Kabupaten Dharmasraya, sebanyak 10 SLTA sudah dijangkau. Tujuan pendidikan pemilih ini minimal dapat mempertahankan angka partisipasi pemilih di Sumbar yang mencapai peringkat pertama baik di Pileg, Pilpres, maupun Pilkada,” ujarnya.

Masih terkait dengan partisipasi masyarakat, Yanuk menambahkan, PPID KPU Kabupaten Dharmasraya dalam tahun 2016 ini berhasil meraih peringkat kesatu untuk kategori kepatuhan pengelolaan dan pelayanan informasi publik KPU se-Sumatera Barat.

“Harapan kami kedepan ingin menjalin hubungan dan kerjasama dengan insan pers dalam rangka keterbukaan informasi publik. Semoga kegiatan hari ini menjadi awal yang baik untuk menjalin kerjasama ke depannya. Dan mudah-mudahan peringkat PPID ini bisa kita pertahankan,” ujarnya.

Ketiga, kegiatan yang dilakukan hari ini dalam rangka kehumasan, yaitu konferensi pers. Menurut Yanuk, kegiatan ini dilakukan di akhir tahun untuk menginformasikan seluruh kegiatan tahun 2016. 

Dalam kesempatan ini, penjabaran kegiatan Divisi Umum, Keuangan dan Logistik disampaikan oleh Wakil Koordinatornya, Zainal Efendi. Di hadapan para awak media, Zainal menguraikan secara ringkas tiga poin kegiatan, yakni: Pengarsipan dokumen kepemiluan, Stock Opname, dan fasilitasi perlengkapan logistik untuk Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak Kabupaten Dharmasraya Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah. 

Zainal menambahkan, dalam fasilitasi Pilwana tersebut, KPU Dharmasraya telah membantu penyediaan alat coblos, bantalan coblos, bilik, serta kotak suara. “Seluruh kegiatan berjalan dengan baik,” tandasnya. (jts/hupmas)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...