Surat No 56 Penghargaan Website klik disiniSurat No 55 Lomba Jurnalistik klik disini SE 25 Penilaian Anggota klik disini Buku Panduan KPPS&PPK klik disini SE 35 Evaluasi Pemetaan Pegawai klik disini

“Calon Ibu Buat Bapak”, Pemenang Terpuji Festival Film Pendek KPU 2016

Tanggal : 09 Dec 2016 19:49:38 • Penulis : admin • Dibaca : 1886 x


Jakarta, kpu.go.id,- Film karya Fajar Arrachman berjudul “Calon Ibu Buat Bapak” berhasil terpilih sebagai Pemenang Terpuji (Juara Pertama) Festival Film Pendek KPU 2016. Kemenangan tersebut diumumkan dalam gelaran Gala Premiere pemutaran lima nominasi Pemenang Festival Film Pendek KPU 2016, Jum’at (9/12) di Blitz Megaplex, Grand Indonesia Jakarta.
 
Marcella Zalianty, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) sekaligus Ketua Dewan Juri mengatakan bahwa hal utama yang menjadi poin penilaian adalah gagasan dan ide dari film tersebut. Dewan juri melihat bagaimana cara sutradara dalam menuangkan gagasan dan ide dengan cara-cara yang unik dan cerdas.

“Kita melihat bagaimana sutradara menyampaikan pesan soal demokrasi melalui cara yang sangat unik, ekspresif dan juga cerdas, sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya,” ujar Marcella.

Film ini menceritakan nilai-nilai demokrasi dan proses pemilu secara ringan dan cerdas. Calon Ibu Untuk Bapak menceritakan kisah empat orang bersaudara dalam mencari kesepakatan/konsensus terkait  perempuan yang dibawa oleh sang bapak untuk dijadikan calon ibu.

Dua anak tertua masing-masing memiliki pendapat yang berlawanan dalam menentukan sikap, kakak tertua tidak setuju terhadap calon yang dibawa oleh yang bapak  sedangkan anak kedua setuju. Dua adik lainnya masih belum dapat mentukan sikap.

Adegan-adegan selanjutnya adalah penggambaran proses keempat anak tersebut untuk tetap dapat menghasilkan keputusan yang adil dan dapat diterima oleh semua pihak. 

Dua anak tertua, masing-masing digambarkan sebagai pihak yang berkepentingan, melakukan berbagai upaya yang dapat dilihat sebagai bentuk kampanye untuk mempengaruhi suara adik-adiknya yang digambarkan sebagai masa mengambang (floating mass).

Selanjutnya nilai-nilai demokrasi dan proses pemungutan suara dengan  asas Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia ditanamkan dalam adegan-adegan yang ringan dan tetap logis. 

Atas kreatifitas dan kemenangan tersebut, Sang Sutradara Fajar Arrachman diganjar dengan hadiah uang Tunai Rp.25.000.000. Selain memilih Pemenang Terpuji, Festival Film Pendek KPU 2016 kali ini juga memberikan penghargaan Pemenang Favorit (Juara Kedua) dan Pemenang Terinspiratif (Juara Ketiga).

Keluar sebagai Pemenang Favorit, Film dengan judul “Mamillit (memilih) karya Immanuel Prasetya Ginting dari Samosir dan Pemenang Terinspiratif film dengan judul Antara Australia dan Indonesia karya Ina Ema. Masing-masing diganjar dengan hadiah uang tunai Rp. 15 juta dan Rp. 10 Juta. 

Terhadap gelaran Festival Film Pendek KPU 2016, Marcela Zalianty memberikan apresiasi karena telah memilih seni budaya sebagai media komunikasi untuk mengajak aspirasi dan partisipasi masyarakat. Marcella berpendapat bahwa film adalah media yang paling tepat untuk menyampaikan ekspresi dan menyentuh masyarakat untuk berkontribusi. 

Marcella juga memberikan apresiasi terhadap semua karya yang masuk. Total jumlah 67 film yang masuk adalah jumlah yang luar biasa yang dapat diraih dalam kurun waktu satu bulan.

“Ini jumlah yang cukup luar biasa diraih dalam waktu satu bulan. Dan rata-rata setiap film mempunyai muatan lokal yang menarik. Beberapa film diantaranya menggunakan bahasa daerah yang menurut saya seksi sekali,” ujar Marcella ketika memberi sambutan.(ftq/red. FOTO KPU/dosen/hupmas)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://www.kpu-sumbarprov.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://kpud-sumselprov.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://www.kpu.kepriprov.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://kpud-baliprov.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kpu-kalbarprov.go.id/
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://www.kpu-kaltimprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://kpud.sulselprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://www.kpu-malutprov.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...