Perceraian Sulitkan PPDP Mencoklit di Kotamobagu

Tanggal : 09 Feb 2018 10:35:33 • Penulis : admin • Dibaca : 483 x


Kotamobagu, kpu.go.id - Kasus perceraian yang marak terjadi di Kota Kotamobagu Sulawesi Utara cukup menyulitkan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit). Dalam sejumlah kesempatan, rumah dari keluarga yang yang telah bercerai sulit untuk dilakukan pendataan, baik karena sudah tidak tinggal bersama maupun tidak mengetahui lagi kabar beritanya.

Anggota KPU Kota Kotamobagu, Asep Sabar mengakui banyak laporan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mendapat cerita PPDP kesulitan saat melakukan pemutakhiran dikeluarga yang telah bercerai. Hal ini disampaikan saat menggelar rapat evaluasi sepuluh hari tahap kedua pelaksanaan coklit. “Katanya PPDP agak kerepotan untuk mencoklit wajib pilih yang sudah bercerai,” ujar Asep Jumat (9/2/2018).

Didampingi operator Sidalih, Yusril Kobandaha, Asep hanya mengingatkan PPS untuk menginstruksikan kepada PPDP untuk tetap menanyakan keberadaan pemilih tersebut, namun apabila tetap tidak ditemukan dapat dilakukan pencatatan khusus. “PPDP mengakui kesulitan ketika harus mencari wajib pilih yang sudah tidak ada di alamatnya, namun masih terdata. Susahnya lagi, suami atau istri yang diceraikannya tidak tahu menahu alamat mantan istri atau suaminya saat ini,” jelas Asep.

Termasuk dengan penempelan stiker hasil coklit, menurut dia PPDP sempat bingung apakah bukti coklit ini tetap harus ditempelkan dirumah keluarga yang telah bercerai. “Apakah wajib pilih yang sudah tidak tinggal serumah lantaran bercerai namun namanya masih ada didata, harus dicantumkan juga di stiker,” tutur Asep.

Persoalan lain yang terungkap dari rapat evaluasi coklit terkait seperti warga yang jarang dirumah atau hanya pada waktu tertentu. Juga warga yang pindah domisili tanpa surat keterangan. Meski demikian kunci dari coklit menurut Asep adalah memastikan hak pilih warga tetap bisa memilih. “Termasuk kepada keluarga dekat yang mengetahui keberadaan wajib pilih dimaksud. PPDP jangan main coret atau main TMS (tidak memenuhi syarat), apalagi kalau yang bersangkutan terdaftar di data pemilih. harus pastikan dengan benar wajib pilih yang ditemui,” tambah Asep.

Sementara itu Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon mengimbau warga yang tercoklit untuk proaktif melapor ke PPDP atau PPS. Alangkah baiknya menurut dia warga juga bisa membantu petugas saat melakukan coklit. “Sehingga data yang dihasilkan benar-benar menjadi rujukan untuk menentukan jumlah pemilih di pemilihan walikota dan wakil walikota Kota Kotamobagu 2018,” ujar Nova.

Untuk warga yang belum punya KTP elektronik, Nova mengingatkan bahwa mereka tetap bisa terdata sebagai pemilih. Cukup menunjukkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu sebagai bukti telah melakukan perekaman KTP-el. “Alhamdulillah. Dari hasil evaluasi sepuluh hari kedua kemarin belum ada kendala berarti. Mudah-mudahan hasil coklit bisa berjalan dengan baik. Tahapan coklit akan berakhir pada tanggal 18 Februari 2018 mendatang.” (hupmas/ed diR)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...