KPU Kota Solok Sosialisasikan Peraturan KPU Nomor 5 dan 6 Tahun 2018

Tanggal : 29 Jan 2018 07:54:00 • Penulis : admin • Dibaca : 216 x


Kota-Solok, kpu.go.id - Minggu (28/1/2018) KPU Kota Solok melaksanakan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dengan pimpinan partai politik tingkat Kota Solok,  di Ruang Pertemuan D’Relazion Restaurant Lantai 2 Jln Dr. Hamka No. 9 Lukah Pandan-Kota Solok. 

Hadir dalam acara ini Ketua KPU Prov. Sumatera Barat dan Koordinator Div. Hukum KPU Prov. Sumatera Barat sebagai narasumber, ketua, anggota dan Sekretariat KPU Kota Solok, pimpinan partai politik tingkat Kota Solok, Ketua Panwaslu Kota Solok, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok dan Sat Intel Polres Solok Kota. 

Dalam pembukaan acara Ketua KPU Kota Solok menyatakan bahwa acara hari ini dilaksanakan dalam rangka menyampaikan informasi dan kesiapan seluruh pihak terkait pasca Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI Nomor 53/PUU-XV/2017 untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019. 

Ketua KPU Prov. Sumatera Barat Amnasmen menyatakan bahwa penyelenggara pemilu dan partai politik harus siap untuk mengikuti proses verifikasi kepengurusan dan keanggotaan sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018. “Metode verifikasi telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018 dimana seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019 dilakukan verifikasi faktual kepengurusan, domisili kantor dan keanggotaan,” imbuhnya. 

Koordinator Div. Hukum KPU Prov. Sumatera Barat Nurhaida Yetti memaparkan teknis verifikasi 12 partai politik calon peserta Pemilu 2019 pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI. KPU akan melaksanakan verifikasi parta politik sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. 

“Verifikasi faktual dilakukan dengan metode sampel, dimana untuk keanggotaan sampai dengan 100 orang diambil sampel 10 persen dan untuk keanggotaan lebih dari 100 orang diambil sampel 5 persen,” rincinya. 

Pengambilan sampel tersebut harus tersebar paling sedikit di 50 persen jumlah kecamatan pada wilayah kab./kota. Partai politik diminta untuk menyiapkan diri, menerima tim verifikasi dari KPU Kab./Kota bersama dengan Panwaslu Kab./Kota dengan jadwal di tingkat Kab./Kota adalah tanggal 30 Januari - 01 Februari 2018,” tegasnya. 

Sementara itu, Div. Hukum KPU Kota Solok Ilham Eka Saputra dan Div. Teknis KPU Kota Solok Asraf Danil Handhika memandu penghitungan jumlah sampel verifikasi keanggotaan partai politik, sesuai dengan jumlah data masing-masing partai politik dan membagi tim verifikasi KPU Kota Solok untuk masing-masing tim verifikasi. 

Sebagai penutup Ketua Panwaslu Kota Solok Triati meminta kepada partai politik agar mempersiapkan diri untuk pelaksanaan verifikasi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Solok. (KPU Kota Solok)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...