Pengumuman Perpanjangan Seleksi Eselon II.b klik di sini Surat 708 Pembentukan PPS Pilkada 2018 klik di sini Syarat Calon Anggota KPU klik di sini Und Bimtek Dapil klik di sini

Kelas Demokrasi, Upaya Membangun Kesadaran Berdemokrasi Sejak Dini

Tanggal : 22 Jul 2016 09:11:35 • Penulis : admin • Dibaca : 1060 x


Klaten, kpu.go.id-Dalam rangka melakukan pendidikan pemilih kepada mayarakat terutama generasi muda dan pelajar/mahasiswa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten  meluncurkan program Kelas Demokrasi. Program ini bertujuan untuk mengenalkan, menumbuhkan pembiasaan berdemokrasi dengan sasaran pemilih pemula, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

Pendidikan kesadaran demokrasi sejak dini bisa dan harus terus dilakukan oleh berbagai kalangan, terutama oleh pemerintah, partai politik, dan komponen penyelenggara pemilu. Hal ini penting sebagai upaya terus-menerus dan berkelanjutan untuk membangun bangsa dengan menciptakan iklilm demokrasi yang bersih, sehat dan cerdas sedari dini, guna mengetahui hak-hak dan kewajiban warga negara, terutama dimulai dari kalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa.

Pendidikan pemilih mengajarkan masyarakat untuk lebih mengenal sistem politik negaranya, sebagai suatu tahapan proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat. Melalui proses pendidikan pemilih inilah masyarakat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan politik yang berlangsung dalam masyarakat. Harapannya setiap individu dapat mengenal dan memahami nilai-nilai ideal yang terkandung dalam sistem politik yang sedang diterapkan.

Kemudian, dengan adanya pendidikan pemilih yang terus menerus, setiap individu tidak hanya sekedar tahu saja tapi lebih jauh dari itu, tapi mereka dapat menjadi seorang warga negara yang memiliki kesadaran politik untuk mampu mengemban tanggung jawab yang ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap dan peningkatan kadar partisipasi dalam dunia politik.

Minimnya pendidikan pemilih terhadap pemilih pemula tentu akan sangat mempengaruhi nasib bangsa ini kedepan. Bagaimana ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan pemilih pemula sangat rawan menjadi target untuk meraup suara politisi dan partai politik, yang berkorelasi positif bagi kapasitas para pemimpin baik eksekutif maupun legislatif yang akan mengaspirasikan suara rakyat.

Dengan latar belakang itulah, KPU Kabupaten Klaten  melakukan hal-hal terkait, sebagai bagian dari komitmen dalam menciptakan proses demokrasi ke depan yang lebih sehat, cerdas dan bermartabat, dengan program Kelas Demokrasi. Sebagai langkah awal, program ini akan dilaksanakan pada 21-23 Juli 2016, di SMK Kristen 2 Klaten. Kemudian secara bertahap akan dilakukan di sekolah-sekolah/kampus-kampus di Kabupaten Klaten.

Program kelas demokrasi secara umum menyampaikan gambaran tentang sistem demokrasi dan sistem pemilu di Indonesia, pentingnya berdemokrasi yang sehat dan bermartabat, serta manfaat maupun akibat dari proses pelaksanaan demokrasi, melalui pemilu, untuk masyarakat.

Dengan adanya program ini, diharapkan tatanan dan tatacara berdemokrasi di Klaten ke depan akan semakin baik serta pada saat pelaksanaan tahapan pemilu kesadaran masyarakat, yang dikuatkan oleh generasi muda dan generasi terpelajar, untuk menciptakan pemuli yang langsung, umum, bebas, rahasia, bersih, jujur dan adil sudah terbangun. (kpuklaten)

Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://www.kpud-lampungprov.go.id/
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://kpu-jatengprov.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://www.kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://www.kpud-nttprov.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id/depan
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kpu-kalselprov.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://kpud-sultraprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://www.kpu-sultengprov.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
https://kaltaraprov.kpu.go.id/index.php

Selengkapnya...